Asal Usul Penamaan Palapa Untuk Satelit Palapa Indonesia



Asal Usul Penamaan Palapa Untuk Satelit Palapa Indonesia ~ Nama Palapa menjadi sangat terkenal sejak PT. TELKOM meluncurkan sebuah satelit untuk kepentingan komunikasi. Kata Palapa sebenarnya bukan istilah baru. Bagaimana asal mula munculnya istilah Palapa sampai digunakan untuk memberi nama pada satelit komunikasi ?.

Pada zaman jayanya Kerajaan Majapahit, nama Palapa telah dikenal sebagai sumpah Mahapatih Gajah Mada untuk mempersatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Smpah Gajah Mada itu dikenal dengan nama Sumpah Amukti Palapa. Sekarang, Palapa dikenal sebagai nama satelit sistem komunikasi domestik milik Indonesia, yang diluncurkan untuk petama kali pada tahun 1976 untuk Palapa A-1, dan tahun 1977 unuk Palapa A-2.

SKSD Palapa A-1 selama ini digunakan untuk kepentingan domestik antara lain transmisi televisi dan telekomunikasi, sedangkan Palapa A-2 digunakan untuk kepentingan telekomunikasi ASEAN dan keperluan TNI dalam bidang Pertahanan dan Keamanan. Satelit Palapa A-2 dirancang dengan desain yang identik dengan satelit Palapa A-1.



Materi Lainnya:

0 Response to "Asal Usul Penamaan Palapa Untuk Satelit Palapa Indonesia"

Post a Comment