Pengangguran Normal (Friksional)



Pengangguran Normal (Friksional)

Pengangguran normal adalah seseorang yang tidak bekerja tetapi bukan berarti dia tidak mampu bekerja. Dia tidak bekerja karena ingin memperoleh (mencari) pekerjaan yang lebih baik. Oleh karena it, pengangguran normal ini sering juga disebut dengan pengangguran mencari ( search unemployment).


Kadang-kadang penganguran normal bersifat sementara. Begitu pula, kita dapat menarik kesimpulan bahwa yang tidak dimaksud dengan pengangguran normal/friksional adalah mereka yang tidak bekerja (menganggur) secara sukarela. Mereka tidak bekerja bukan karena mereka tidak ingin bekerja, tetapi mereka ingin memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan pekerjaan yang lebih baik itu belum mereka dapatkan. (sumber : dikutip dari buku)

Pada sumber lain dikemukakan pula tentang pengertian dari pengangguran friksional, yaitu Pengangguran jenis ini bersifat sementara, biasanya terjadi karena adanya kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Kesenjangan ini dapat berupa kesenjangan waktu, informasi, maupun jarak.

Mereka yang masuk dalam kategori pengangguran sementara umumnya rela menganggur untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Contoh orang yang selesai sekolah kemudian mencari pekerjaan dan menunggu pekerjaan.

Sumber pustaka : Membuka Cakrawala Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis,Imamul Arifin, Giana Hadi Wagiana ; penyunting, Ayatullah Khomaeni, Akhbar Wahidin, Bambang Supratman. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengangguran Normal (Friksional)"

Post a Comment