Jenis Uang Berdasarkan Lembaga Yang Mengeluarkannya | simpleNEWS05



Jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya
Jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya ~ 

Selain jenis uang berdasarkan bahan pembuatannya, terdapat pula jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya. jenis uang ini ada yang menyerupai uang yang kita kenal sehari-hari dan ada juga yang hanya berbentuk kertas tapi dapat dicairkan menjadi uang.

Akan tetapi uang yang banyak beredar di masyarakat yaitu uang yang dicetak dan dikeluarkan oleh bank central, kalau di Indonesia yaitu Bank Indonesia. Berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya uang dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

Uang Kartal

Uang kartal (chartal money = uang kepercayaan) adalah uang yang beredar sehari-hari sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib diterima oleh semua masyarakat. Uang kartal sering disebut uang primer. Uang kartal adalah uang yang dikeluarkan oleh negara /Bank Sentral berdasarkan undang-undang dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Uang kartal di negara kita terdiri atas uang logam dan uang kertas.

Uang Giral

Uang giral (giral mone = uang yang disimpan di bank) adalah saldo tagihan di bank atau dana yang disimpan pada rekening koran di bank-bank umum yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan untuk melakukan pembayaran dengan perantara cek, bilyet giro, atau perintah membayar.

Uang giral bukan merupakan alat pembayaran yang sah dan orang boleh menolak pembayaran dengan uang giral. Dengan kesepakatan kedua belah pihak yaitu pihak yang berhutang dan yang punya piutang uang giral dikeluarkan oleh bank umum dan merupakan uang yang tidak berujud karena hanya berupa saldo tagihan di bank.

Contohnya, Seluruh uang yang disimpan di bank umum, baik dalam bentuk giro (rekening Koran) maupun deposito, sewaktu-waktu dapat digunakan untuk pembayaran, seperti cek, giro, bilyet, wesel, dan lain-lain yang sejenis.

Nah, itulah jenis uang berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya, terdapat dua jenis yah teman-teman, yakni Uang Kartal dan Uang Giral. Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan teman-teman semua.

Sumber pustaka : Ekonomi 1 Untuk SMA/ MA Kelas X / Oleh Sukardi ; Editor Titik Maryani ; Ilustrator Haryana Humardani. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Uang Berdasarkan Lembaga Yang Mengeluarkannya | simpleNEWS05"

Post a Comment