Fungsi Dan Peranan Kredit Dalam Perekonomian | simpleNEWS05



Fungsi Dan Peranan Kredit Dalam Perekonomian
Fungsi Dan Peranan Kredit Dalam Perekonomian ~ Kredit memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan kondisi perekonomian, sebab dengan adanya kredit perekonomian rakyat khususnya bagi pengusaha kecil dan menengah akan dapat berjalan. Berikut ini adalah peranan atau fungsi kredit dalam perekonomian.

1. Kredit Dapat Meningkatkan Daya Guna Uang
Jika uang kita pinjamkan kepada orang lain, maka uang kta diharapkan oleh orang tersebut menjadi lebih berdaya guna dari pada disimpan oleh kita

2. Kredit Dapat Meningkatkan Daya Guna Barang
Dengan adanya kredit, para pengusaha akan dapat mengubah bahan baku menjadi barang jadi sehingga dengan adanya kredit, bahan baku akan menjadi lebih berguna.

3. Kredit Dapat Meningkatkan Kecepatan Peredaran Dan Lalu Lintas Uang


Dengan adanya kedit, jumlah uang yang beredar dimasyarakat menjadi lebih banyak dan perpindahan uang dari tangan ke tangan menjadi lebih cepat

4. Kredit Dapat Meningkatkan Gairah Berusaha Bagi Para Investor
Dengan adanya kredit, para pengusaha akan relatif lebih mudah untuk memperoleh tambahan modal. Dengan bertambahnya modal, maka gairah usaha para investor akan meningkat.


5. Kredit Dapat Meningkatkan Daya Beli Masyarakat
Jika seseorang memperoleh kredit, berarti akan memperoleh jumlah penghasilan yang lebih banyak. Dengan demikian, daya belinya semakin meningkat.

6. Kredit Dapat Memperlancar Arus Perdagangan
Dengan adanya kredit, maka perdagangan relatif akan lebih lancar karena transaksi lebih banyak dilakukan dengan tunai.

7. Kredit Dapat Mempererat Hubungan Internasional


Bisanya Negara maju cenderung mempunyai kelebihan dana, sedangkan Negara berkembang kekurangan. Dengan demikian, kredit bisa terjadi antara Negara maju sebagai pemberi kredit dan Negara berkembang sebagai penerima kredit. Dengan demikian, antara Negara maju (kreditur) dengan Negara berkembang (debitur) akan semakin erat hubungannya dengan adanya kredit. (sumber : dikutip dari buku)

Baca juga:

Materi Lainnya:

0 Response to "Fungsi Dan Peranan Kredit Dalam Perekonomian | simpleNEWS05"

Post a Comment