Jenis Kota Berdasarkan Fungsinya | simpleNEWS05



Jenis Kota Berdasarkan Fungsinya [Image by id.gofreedownload.net],

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, memang banyak kota di Indonesia bahkan di Dunia yang mempunyai fugsinya masing-masing. contoh mudah yang dapat kita lihat yaitu kota Jakarta yang merupakan ibu kota dari negara Indonesia memiliki fungsi ganda dalam perannya sebagai kota, yaitu fungsinya sebagai pusat pemerintahan negara serta sebagai pusat dari aktifitas ekonomi.


Banyak lagi fungsi-fungsi kota yang dapat kita ketahui dari artikel singkat ini, berikut ini beberapa jenis kota berdasarkan fungsinya. yaitu :

1. Kota pusat produksi (Production Center)

Kota pusat produksi yaitu kota yan memiliki fungsi sebagai pusat podksi atau pemask, baik yang berupa bahan mentah, barang setegah jadi, maupun barang jadi. contoh kota produsen bahan mentah, yaitu kota-kota pertambangan, seperti, Soroako (Niel), Bukitasam dan Ombilin (Batubara), Arun da Bontang (LNG), anlain-lain. Contoh kota produsen barang jadi dan setengah jadi, yaitu kota-kota industri seperti, Cilegon, Gresik, Surabaa, Jakarta, Bandun, dan lain-lain.

2. Kota pusat perdagangan (Centre of Trade and Commerce)

Kota pusat perdagangan yaitu kota yang memliki fungsi sebagai pusat perdagangan, baik untuk domestik maupun internasional, misalnya, Jakata, Singapura, Rotterdam, Bremen, dan hongkong.

3. Kota pusat pemerinahan (Plitical Capital)

Kota pusat pemerintahan yaiu kota yang memiliki fungsi sebagai pusat pemerintahan atau sebagai ibu kota negara, misalnya, London, Moskow, dan Berlin.

4. Kota pusat kebudayaan (Cultural Centre)

Kota pusat kebudayaan yaitu kota yang memiliki sebagai pusat kebudayaan, misalnya, Yogyakarta dan Surakarta. ada pula kota yang memiliki fungsi sebagai pusat agama, misalnya, Mekah, Vatikan dan Yerusalem.

5. Kota pusat kesehatan dan rekreasi (Health and Recreation Centre)

Kota pusat kesehatan dan rekreasi yaitu kot yang memiliki fungsi sebagai pusat kesehatan dan rekreasi, umumnya terletak di daaran tinggi yang sejuk atau di tepi pantai, misalnya, Cipanas, Kaliurang, Monaco, alm Beach, dan Florida.



Like, Share, dan Subscribe yah teman. :)


Materi Lainnya:

1 Response to "Jenis Kota Berdasarkan Fungsinya | simpleNEWS05"