Kelainan atau Penyakit Pada Indra Penglihatan



Kelainan atau Penyakit Pada Indra Penglihatan [Image by republika.co.id],
Kelainan atau Penyakit Pada Indra Penglihatan ~ Indra Penglihatan pada mausia ialah sepasang mata, mata manusia yang normal berbentuk bola, sedikit pipih dari arah depan ke belakang. Dinding bola mata terdiri dari tiga lapisan yang jelas batas-batasnya. Beberapa kelainan atau penyakit pada alat indra khususnya Indra Penglihatan pada mausia yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

Miopi (Rabun Jauh)
Yaitu kelainan pada mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh di depan retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu cembung atau garis tengah mata panjang. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa negatif.

Hypermetropi (Rabun Dekat)
Yaitu kelainan mata dimana bayangan yang dibentuk oleh lensa jatuh di belakang retina. Kelainan ini terjadi karena lensa mata terlalu pipih atau garis tengah mata pendek. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa positif.

Presbiopi
Yaitu kelainan pada mata karena tidak elastisnya lensa mata untuk berakomodasi. Penderita kelainan ini biasanya menggunakan lensa ganda yaitu lensa positif dan lensa negatif.

Rabun Senja
Kelainan pada mata karena defisiensi vitamin A. Akibatnya penderita kesulitan melihat benda saat terjadi perubahan dari terang ke gelap atau saat senja.

Katarak
Yaitu mengeruhnya lensa mata, yang dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B atau juga faktor usia.
Xeropthalmia
Penyakit mata ini sedikit agak menakutkan yaitu penyakit Penyakit Xeropthalmia, penyebab penyakit ini sangatlah sederhana yaitu si penderita hanya kekuarangan Vitamin A, tapi jangan khawatir penyakit ini tidak menular kepada orang lain, maka dari itu perbanyaklah makan-makanan yang mengandung vitamin A agar tidak terkena penyakit ini.

Trakoma
Penyakit Trakoma merupakan pemyakit mata yang disebabkan oleh serangan Virus, Penyakit ini dapat menular ke orang lain melalui kontak langsung maupun tidak langsung kepada si penderita. maka dari itu sebaiknya jika terkena penyakit ini memakai kaca mata hitam agar penyakit Trakoma tidak menular ke orang lain.

Radang Selaput Mata (Conjunctivis)
Penyakit Radang Selaput Mata atau Conjunctivis merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh Virus, Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung ataupun tidak langsung dengan si penderita.

Baca juga:

Materi Lainnya:

0 Response to "Kelainan atau Penyakit Pada Indra Penglihatan"

Post a Comment