Kurva Frekuensi Kumulatif Kuang Dari (Ogif Positif) dan Lebih Dari (Ogif Negatif)



Kurva Frekuensi Kumulatif Kuang Dari (Ogif Positif) dan Lebih Dari (Ogif Negatif) ~ Jika frekuensi kumulatif kurang dari tepi atas setiap kelas interval disajikan pada sumbu tegak dan nilai tepi atas stiap kelas interval disajikan pada sumbu mendatar, maka hubungan frekuensi kumulatif dan tepi kelas tersebut dapat digambakan oleh sebuh grafik yang berupa garis patah, yang naik dari kiri ke kanan.

Karena data-data yang disusun dalam distribusi frekuensi kumulatif adalah data-data yang kontinu, maka jika penyusunan dalam kelas interval diatur sedemikian sehingga tepi atas kelas interval dari dua buah kelas interval yang berdekatan selisihnya kecil sekali, maka akan diperoleh sebuah garis yang berupa garis patah kecil-kecil sekali, yang dapat dianggap sebagai garis lengkung (kurva) naik dari kiri ke kanan.


Kurva ini disebut ogif positif atau kurva frekuensi kumulatif kurang dari. Dengan pengertian yang sama tentang kurva, frekuensi kumulatif kurang dari dapatlah digambarkan kurva frekuensi kumulatif lebih dari yang merupakan kurva turun dari kiri ke kanan yang disebut ogif negatif.

Materi Lainnya:

0 Response to "Kurva Frekuensi Kumulatif Kuang Dari (Ogif Positif) dan Lebih Dari (Ogif Negatif)"

Post a Comment