Pengertian, Tujuan, dan Penyebab Adanya Kegiatan Distribusi



Pengertian, Tujuan, dan Penyebab Adanya Kegiatan Distribusi [source image by polppkotatarakan.blogspot.com],
Pengertian, Tujuan, dan Penyebab Adanya Kegiatan Distribusi ~ Sampainya barang dari produsen kepada konsumen dikarenakan adanya kegiatan menyalurkan barang, baik yang dilakukan oleh perorangan atau lembaga penyalur barang yang disebut distributor seperti pedagang, agen, grosir, makelar, dealer, importir, eksportir, komisioner, converter, pedagang asongan, dan pedagang keliling.

Kegiatan distribusi yaitu kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Seorang distributor harus pandai menentukan strategi untuk memasukkan barang dan jasa yang disebut pemasaran atau marketing. Seperti pada kegiatan konsumsi dan kegiatan produksi, kegiatan distribusi juga memiliki beberapa tujuan.

Berikut ini tujuan dari kegiatan distribusi, yaitu :


  • Menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
  • Mempercepat sampainya barang ke tangan konsumen.
  • Menjaga kelangsungan kegiatan produksi.
  • Penyebaran barang akan merata ke konsumen.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi.
  • Untuk memperoleh keuntungan.
Selain memiliki tujuan, kita juga perlu mengetahui tentang penyebab adanya kegiatan distribusi dari produsen kepada konsumen. Berikut ini beberapa penyebab sehingga adanya kegiatan distribusi, yaitu :
  • Setiap daerah atau negara memiliki sumber daya alam yang berbeda.
  • Kebutuhan manusia beraneka ragam.
  • Meningkatkan kemajuam kebudayaan.
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Sulit untuk mencari barang di daerah tertentu.
Setelah kita mengetahui pengertian, tujuan, dan penyebab adanya kegiatan distribusi, berikut ini kita akan melihat langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang dilakukan pihak distributor dalam menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.
  • Pembelian barang dari pihak produsen.
  • Pengangkutan barang.
  • Menyimpan barang di gudang sementara.
  • Penyebarluasan penyampaian barang kepada konsumen melalui lembaga distributor.
  • Membuat kemasan yang menarik konsumen.
  • Mengikuti selera masyarakat.
  • Melakukan promosi dan memberikan informasi barang-barang yang akan dipasarkan.


Sumber pustaka : IPS / Budi Sanjaya…[et al.] ; editor, Dimas Handi Hijrah Saputra.—Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Materi Lainnya:

1 Response to "Pengertian, Tujuan, dan Penyebab Adanya Kegiatan Distribusi"

  1. namun semua kegitan dan pengelolaa distribusi akan sangat sulit dilakukan apalagi jika dilakukan secara manual tanpa bantuan software erp distribusi

    ReplyDelete