Penjelasan Mengenai Biaya Produksi (Cost)



Penjelasan Mengenai Biaya Produksi (Cost)

Dalam ilmu ekonomi, biaya produksi diartikan sebagai semua pengorbanan yang perlu untuksesuatu proses produksi, dinyatakan dalam uang menurut harga pasar yang berlaku. Dengan demikian, dalam pengertian ini ada empat nsur yang perlu diperhatikan sebagai berikut.


1. Pengorbanan

Pengorbanan yang sesungguhnya adalah pemakaian faktor-faktor produksi atau sumber-sumber ekonomi, sepertibahan-bahan yang habis dipakai, waktu dan tenaga yang dicurahkan, peralatan da mesin yang terpakai, upah karyawan yang harus dibayar, dan sebagainya.

2. Pengorbanan yang Perlu Untuk Produksi

Yang dihitung sebagai biaya hanyalah pengorbanan yang perlu saja, artinya yang tidak dapat dihindari. Jadi, pemborosan bahan atau waktu yan sebenarnya tidak ikut dihitung sebagai biaya.

3. Dinilai Dalam Uang

Semua biaya produksi dinilai dengan uang. Pengeluaran yang memang harus dibayar dengan uang, seperti membeli bahan-bahan atau gaji pegawai, sudah dengan sendirinya termasuk perhitungan biaya. Akan tetapi, dapat terjadi bahwa ada hal-hal yang sebenarnya termasuk biaya produksi tetapi tidak dibayar dengan uang.

4. Menurut Harga Pasar yang Berlaku

Oleh karena biaya harus dinilai dengan dalam uang, nilai atau harga yang dipakai adalah harga pasar yang berlaku, bukan dengan harga yang dulu telah dibayar untuk membeli bahan atau barang tersebut.


Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Biaya Produksi (Cost)"

Post a Comment