Macam-Macam Gelombang Berdasarkan Gerakan Butiran-Butiran Air Lautnya



Gelombang laut [image by Kicknews.today], 
Macam-Macam Gelombang Berdasarkan Gerakan Butiran-Butiran Air Lautnya ~ Apa yang biasa teman-teman lihat jika berkunjung ke pantai? Biasanya kita melihat air laut yang bergerak-gerak menuju ke pantai. Gerakan air laut dipermukaan air yang kita lihat tersebut disebut dengan gelombang laut.

Gelombang laut dapat didefinisikan sebagai suatu proses turun naiknya molekul-molekul air laut, membentuk puncak, dan lembah. Secara umum, gerak gelombang laut terbentuk karena adanya pengaruh angin Berdasarkan gerakan butiran-butiran air laut, gelombang dapat dibedakan menjadi empat, yaitu sebagai berikut ini.
  1. Gelombang Osilasi
  2. Gelombang osilasi berbentuk butir-butir air laut yang berputar membentuk gerakan seperti lingkaran atau ellips, sehingga terlihat puncak dan lembah gelombang. Pada saat gelombang memasuki wilayah pantai, gelombang osilasi mengalami penurunan kecepatan, panjang gelombang menjadi lebih kecil, sedangkan tinggi gelombang bertambah. Akhirnya terbentuklah pecahan gelombang (breaking waves).
  3. Gelombang Translasi
  4. Setelah terjadi pecahan gelombang, butir-butir air laut tidak lagi berputar turun naik membentuk puncak dan lembah gelombang melainkan bergerak ke arah pantai. Gerakan air ke arah pantai ini dinamakan gelombang translasi.
  5. Swash
  6. Swash adalah kelanjutan dari gelombang translasi, yaitu berupa desakan massa air laut ke daratan pada saat memasuki wilayah pantai.
  7. Back Swash
  8. Back swash adalah proses kembalinya massa swash dari pantai ke wilayah laut.
  9. Aktivitas Endogenik
  10. Aktivitas endogenik terjadi di dasar laut berupa kegiatan gunungapi atau gempa tektonik dapat menyebabkan terjadinya gelombang pasang secara tiba-tiba dengan tinggi gelombang jauh lebih besar dibandingkan dalam keadaan normal. Gelombang pasang air laut semacam ini dinamakan Tsunami. Kedahsyatan tsunami dapat dilihat dari panjang gelombangnya yang dapat mencapai 200 kilometer dengan tinggi gelombang sekitar 30 meter dan kecepatan rambat gelombang sekitar 800 km/jam.
Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa terdapat empat macam gelombang laut berdasarkan gerakan dari butiran-butiran air lautnya yaitu Gelombang Osilasi, Gelombang Translasi, Swash, Back Swash, dan Aktivitas Endogenik.

Sumber referensi: Geografi 1 Membuka Cakrawala Dunia : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah / penulis, Bambang Utoyo ; penyunting, Paula Susanti . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Gelombang Berdasarkan Gerakan Butiran-Butiran Air Lautnya"

Post a Comment