Pengertian Kebudayaan Menurut Beberapa Ahli



Pengertian Kebudayaan Menurut Beberapa Ahli

Setiap masyarakat mempunyai kebudayaan dan setiap kebudayaan yang ada didunia mempunyai bentuk yang berbeda-beda, kebudayaan beberapa suku di Indonesia bagian barat pasti berbeda dengan kebudayaan beberapa suku di Indonesia bagian timur. Lalu, apa itu kebudayaan?


Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa Sansekerta budayyah yang artinya akan atau budi. Dalam Bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata colere yang artinya mengolah atau mengerjakan. Jadi, kebudayaan adalah segala akan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berikut ini pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli.

1. Koentjaraningrat (1990)

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar.

2. E.B. Taylor (1871)

Kebudayaan adalah keseuruhan yang kompleks termasuk didalamnya ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lainnya, serta kebiasaan yang didapatkan manusia sebagai anggota masyarakat.

3. Douglas Jackson (1985)

Kebudayaan adalah akumulasi pengalaman manusia yang ditransmisikan dari generasi ke generasi dan difungsikan dari satu kelompok ke kelompok lainnya di permukaan bumi.

4. Spuhler (1965)

Kebudayaan adalah adaptasi biologis yang ditransmisikan secara nongenetik.

5. Kluckhohn dan Kelly (1945)

Kebudayaan adalah semua rencana hidup yang tercipta secara historis baik eksplisit maupun implisit, rasional, dan irrasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman perilaku manusia.

6. Ralph Linton (1940)

Kebudayaan adalah sejumlah pengetahuan, sikap, dan kebiasaan berperilaku yang berpola dan dimiliki serta diwariskan oleh antaranggota suatu masyarakat.

7. Selo Soemardjan (1964)

Kebudayaan adalah hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Itulah pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli, coba teman-teman simpulkan dari beberapa pendapat diatas tetang pengertian kebudayaan, bagaimana pengertian kebudayaan menurut pendapat teman-teman.

Sumber pustaka: Enok Maryani. 2003. Antropologi 3 SMU. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Kebudayaan Menurut Beberapa Ahli"

Post a Comment