Cara Mengatasi Pengangguran Musiman



Cara Mengatasi Pengangguran Musiman
Cara Mengatasi Pengangguran Musiman ~ Selain pengangguran siklus, pengangguran teknologi, pengangguran sukarela, serta pengangguran struktural, satu lagi jenis pengangguran yang perlu diatasi olep pemerintahan kita saat ini, yaitu pengangguran musiman. Apa sebenarnya pengangguran musiman ini dan bagaimana cara mengatasinya, silahkan teman-teman membaca penjelasannya berikut ini.

Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi sewaktu-waktu saja. Artinya,mereka hanya menganggur pada musim tertentu dan pada musim lainnya ia sibuk bekerja. Seperti para petani, ia sibuk pada musim tanam dan setelah itu ia akan menganggur menunggu padinya besar dan dipanen jenis pengangguran ini biasa diatasi antara lain dengan cara :
  1. Pemberian informasi yang cepat jika ada lowongan kerja di sector lain.
  2. Melakukan pelatihan di bidang keterampilan lain untuk memanfaatkan waktu ketika menunggu muim tertentu. (sumber : buku ekonomi)
Pada sumber lainnya dikatakan bahwa Pengangguran Musiman (Seasonal Unemployment) berkaitan erat dengan fluktuasi ekonomi jangka pendek, terutama di sektor pertanian. Misalnya, di luar musim tanam dan panen, para petani umumnya rela menganggur sampai menunggu musim tanam dan panen berikutnya.

Sumber pustaka : Membuka Cakrawala Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis,Imamul Arifin, Giana Hadi Wagiana ; penyunting, Ayatullah Khomaeni, Akhbar Wahidin, Bambang Supratman. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga:

Materi Lainnya:

0 Response to "Cara Mengatasi Pengangguran Musiman"

Post a Comment