Penjelasan Mengenai Sistem Ekonomi Pasar ataU Liberal



Penjelasan Mengenai Sistem Ekonomi Pasar ataU Liberal

Sistem ekonomi pasar atau liberal, adalah sistem ekonomi yang menghendaki pengelolaan dan pemanfaatan sumber-sumber daya di dalam perekonomian yang dilakuka oleh individu atau peseorangan, bebas dari capur tangan pemerintah.


Sistem ekonomi liberal ini mulai dipopulerkan oleh tokoh ekonomi klasik yaitu Adam Smith. Ia menuangkan ide-ide ekonomi bebasnya ini dalam buku yang berjudul The Wealth of Nations, yang menyatakan bahwa "perekonomian akan berjalan dengan baik dan lancar apabila peraturannya diserahkan kepada mekanisme pasar harga".

Teori Adam Smith ini populer dengan sebutan teori "The Invisible Hands" (teori tangan-tangan gaib). Sisem ekonomi ini banyak dianut oleh negara Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Menurut sistem ekonomi pasar, sering disebut juga sitem perekonomian liberalis, sistem perekonomian yang paling tepat untuk mendorong kesejahteraan bangsa adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memberi kebebasan kepada individu dan badan-badan swasta untuk melakukan produksi dan konsumsi menurut pertimbangan sendiri.

Sedangkan jenis dan jumlah barang atau jasa yang diproduksi, untuk siapa sasaran produksi serta cara distribusi ditentukan oleh mekanisme pasar yaitu hubungan permintaan dan penawaran. Pemerintah memberi kebebasan dalam penggunaan sumber-sumber ekonomi.

Sistem ekonomi pasar juga sering disebut dengan sistem ekonomi kapitalis, sistem ini bertentangan sekali dengan merkantilisme, yaitu adanya intervensi pemerintah dalam urusan negara. Lahirnya Revolusi Prancis (1789) semakin memperkuat paham kapitalisme tersebut. Kapital (pasar murni) sebagai sistem ekonomi semata-mata mementingkan kapital untuk mendapatkan kapital yang lebih besar lagi.

Sumber referensi: Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Sistem Ekonomi Pasar ataU Liberal"

Post a Comment