Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran



Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaran mengukur derajat kepekaan (respons)terhadap jumlah barang yang ditawarkan apabila harganya berubah. Adapun faktor-faktor utama yang mempengaruhi besar kecilnya elastisitas penawaran adalah sebagai berikut.


1. Perubahan dalam biaya produksi yang disebabkan perusahaan mengubah jumlah barang yang dihasilkannya (yang merupakan antisipasi adanya perubahan harga barang).

Apabila persentase kenaikan jumlah barang yang dihasilkan perusahaan hanya menyebabkan persentase kenaikan biaya produksi per satuan yang kecil saja, maka dapat diperkirakan bahwa penawaran barang tersebut akan elastis. Demikian pula sebaliknya.

2. Waktu yang diperlukan perusahaan untuk menambah atau mengurangi jumlah barang yang dihasilkan. Suatu kenaikan harga mungkin hanya akan mendorong kenaikan jumlah yang ditawarkan sedikit saja dalam jangka pendek.

Tapi untuk jangka waktu yang lebih lama kenaikan harga mungkin akan mendorong kenaikan jumlah yang ditawarkan lebih besar lagi. Dapat dikatakan bahwa elastisitas penawaran akan lebih besar dalam jangka panjang dari pada dalam jangka pendek.


Materi Lainnya:

0 Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Penawaran"

Post a Comment