Pengertian Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pemeriksaan dan Akuntansi Manajemen



Pengertian Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pemeriksaan dan Akuntansi Manajemen

Pesatnya pertumbuhan ekonomi serta makin kompleksnya masalah perusahaan yang didorong oleh kemajuan teknologi, dan bertambahnya peraturan pemerintah terhadap kegiatan perusahaan, para akuntan dituntut untuk mengkhususkan keahliannya dalam bidang akuntansi.


Akuntansi keuangan (Financial Accounting) disebut juga akuntansi umum (general accounting), yaitu akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan transaksi perusahaan dan penyusunan laporan keuangan secara berkala yang berpedoman kepada prinsip akuntansi. Laporan keuangan itu dapat digunakan sebagai informasi internal dan eksternal perusahaan.

Akuntansi Keuangan (financial accounting) merupakan bidang akuntansi yang mempunyai proses dan bertujuan untuk menyajikan laporan kepada pemakai secara umum. Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan ini adalah berupa laporan keuangan yang menyajikan kondisi perusahaan secara menyeluruh.

Akuntansi pemeriksaan (Auditing Accounting) merupakan kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan keuangan atau akuntansi umum. Akuntansi publik melakukan pemeriksaan terhadap catatan-catatan yang mendukung laporan keuangan dengan menyatakan kelayakan dan dapat dipercayainya suatu laporan.

Akuntansi Manajemen (management accounting), bidang ini menyajikan data yang dapat membantu manajemen (manajer) dalam menjalankan operasinya sehari-hari dan merencanakan operasinya di masa depan. Data yang diolah dalam akuntansi manajemen ini dapat berupa data riil historis (masa lalu), maupun data yang berupa taksiran.

Titik sentral dalam akuntansi manajemen (Management Accounting) adalah informasi untuk pihak-pihak di dalam perusahaan. Kegunaan akuntansi manajemen, antara lain mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas, dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan.

Misalnya, dalam hal penetapan harga jual, pembelanjaan, metode produksi dan investasi. Bidang akuntansi ini juga mengolah masalah-masalah khusus yang dihadapi para manajer perusahaan dari berbagai jenjang organisasi dengan menggunakan data historis ataupun data tafsiran.


Materi Lainnya:

1 Response to "Pengertian Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pemeriksaan dan Akuntansi Manajemen"