Keuntungan Melakukan Perdagangan Internasional



Keuntungan Melakukan Perdagangan Internasional
Keuntungan Perdagangan Internasional ~ Dalam perdagangan terjadi kegiatan transaksi jual-beli barang dan jasa yang di dalamnya melibatkan sejumlah pelaku. Penjual dan pembeli sebagai pelaku bisa dalam batas wilayah tertentu (lokal) atau wilayah luas dalam suatu negara (nasional), bahkan antar negara (internasional).

Ada dua keuntungan perdagangan internasional yang akan diperoleh oleh suatu negara dengan melakukan perdagangan antarnegara, yaitu keuntungan produksi yang berkaitan dengan kegiatan ekspor suatu negara dan keuntungan konsumsi yang berkaitan dengan kegiatan impor suatu negara.

Keuntungan perdagangan internasional berkaitan dengan produksi:


  1. Perdagangan internasional dapat meningkatkan efisiensi dalam menghasilkan produk tertentu sesuai dengan keunggulan komparatifnya.
  2. Peningkatan efisiensi akan menghasilkan produk berkualitas tinggi sehingga memiliki daya saing tinggi pula di pasar global.
Keuntungan perdagangan internasional berkaitan dengan konsumsi:
  1. Perdagangan internasional memungkinkan negara-negara mengonsumsi sejumlah barang dan jasa.
  2. Perdagangan internasional memungkinkan negara memperoleh sumber bahan mentah dan bahan baku produksi yang tidak tersedia di dalam negeri.
Demikian penjelasan singkat mengenai apa-apa saja keuntungan perdagangan internasional, dimana keuntungan dari perdagangan internasional ini dibagi menjadi dua yaitu keuntungan yang berkaitan dengan produksi dan keuntungan yang berkaitan dengan konsumsi. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai perdagangan internasional.


Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Keuntungan Melakukan Perdagangan Internasional"

Post a Comment