Pengertian dan Tujuan Utama Lembaga Dana Pensiun



Pengertian dan Tujuan Utama Lembaga Dana Pensiun [image by http://finansial.bisnis.com]

Pensiun merupakan jaminan pegawai di hari tua dan hal ini diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1974. Dana pensiun dihimpun oleh Lembaga Dana Pensiun contohnya PT Tabungan Asuransi Pensiun (PT Taspen) dan Perum Asabri.


Penjelasan mengenai PT Taspen dan kepengurusannya terdapat dalam PP No.10 Tahun 1963. Ketentuan tentang dana Pensiun dan Pemberi Kerja tertuang dalam Undang-Undang No.11 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 1992. Pemerintah selalu menghimbau kepada perusahaan-perusahaan untuk mendirikan lembaga sejenis.

Tujuan utama Lembaga Dana Pensiun adalah meningkatkan kesejahteraan pegawai beserta keluarganya melalui asuransi sosial yang ditentukan dalam perundang-undangan. Lembaga Dana Pensiun tersebut berfungsi:

  1. Sebagai tempat untuk mengumpulkan dana masyarakat yang sifatnya jangka panjang dan
  2. Sebagai tempat untuk memberikan jaminan pensiun bagi anggota pensiun/ peserta program.

Dana pensiun diperoleh melalui pemotongan gaji pegawai setiap bulan selama seseorang masih aktif bekerja, kemudian dibayarkan kembali kepada pegawai tersebut setelah pensiun. Dalam masa tenggang, yaitu masa pemotongan sebagian gaji dengan masa pembayaran saat pegawai/karyawan pensiun.

Dana yang terkumpul tersebut disalurkan kepada masyarakat dengan cara sebagai berikut.
  1. Dipinjamkan kepada badan-badan yang membutuhkan.
  2. Dibelikan surat-surat berharga yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga pemerintah.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Utama Lembaga Dana Pensiun"

Post a Comment