Keterbatasan Neraca Saldo



Keterbatasan Neraca Saldo

Laporan keuangan yang dibuat pada akhir periode harus menunjukkan kondisi yang sebenarnya. Bila neraca saldo sudah menunjukkan kondisi yang sebenarnya, maka laporan keuanganpun siap untuk dikerjakan. Namun pada kenyataannya, neraca saldo sering tidak menunjukkan kondisi yang sebenarnya.


Hal ini disebabkan oleh beberapa keterbatasan yang melekat dalam neraca saldo. Keterbatasan Neraca Saldo tersebut meliputi :

  1. Neraca saldo hanya menunjukkan saldo-saldo akun yang sudah dicatat, sedangkan pada akhir periode ada beberapa transaksi yang belum dicatat dan harus diakui seperti, gaji yang belum dibayar, penyusutan, suplies yang digunakan dan sebagainya. Transaksi yang bersifat akrual ini perlu penyesuaian. Dengan demikian neraca saldo belum dapat digunakan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan karena perlu penyesuaian.
  2. Jumlah debit dan kredit di neraca saldo yang diharuskan sama tidak selalu menunjukkan kebenaran.

Hal inidisebabkan oleh Suatu transaksi tidak dicatat sama sekali, sehingga tidak mempengaruhi jumlah debit dan kredit; Mencatat transaksi dengan jumlah yang salah pada akun yang benar; Mencatat suatu transaksi lebih dari satu kali; dan Kesalahan pencatatan satu akun yang diimbangi dengan kesalahan akun yang lain.

Sumber pustaka : Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Jilid 1 untuk SMK /oleh Umi Muawanah, Fahmi Poernawati ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Materi Lainnya:

2 Responses to "Keterbatasan Neraca Saldo"