Gangguan dan Kelainan Pada Rangka



Gangguan dan Kelainan Pada Rangka [Image by news.okezone.com],
Gangguan dan Kelainan Pada Rangka ~ Kerangka manusia tersusun dari tulang-tulang, baik tulang yang panjang maupun tulang pendek. Tulang-tulang tersebut membentuk rangka dalam (endoskeleton) yang berfungsi untuk, Memberikan bentuk tubuh; Menahan dan menegakkan tubuh; Menjaga agar organ tubuh tetap berada di tempatnya; Melindungi organ-organ tubuh seperti otak, jantung, dan paru-paru; Untuk bergerak ketika dikehendaki otot; dan Menghasilkan sel darah di dalam sumsum tulang.

Endoskeleton pada manusia dibagi menjadi 2 yaitu Kerangka sumbu (skeleton aksial): tengkorak dan badan; dan Kerangka apendikular (tangan dan kaki).

Rangka yang kita gunakan setiap hari tidak selamanya berfungsi secara normal. Rangka juga dapat mengalami gangguan.Gangguan pada sistem rangka dapat terjadi karena adanya gangguan secara fisik, fisiologis, gangguan tulang belakang, dan persendian. Berikut ini beberapa gangguan dan kelainan yang biasanya terjadi pada rangka.

1. Gangguan Fisik
Gangguan Fisik yang paling sering terjadi pada tulang adalah: patah tulang ( fraktura) atau retak tulang (fisura). Bila terjadi patah tulang maka akan terbentuk zona fraktura yang runcing dan tajam sehingga menimbulkan rasa sakit karena pergeseran tulang dan akan menyebabkan pembengkakan atau pendarahan. Keduanya biasa terjadi akibat kecelakaan. Bila tulang yang patah keluar dari permukaan kulit disebut patah tulang terbuka, sedangkan bila tulang yang patah di dalam kulit dan otot disebut patah tulang tertutup.

2. Gangguan Fisiologis
Gangguan fisiologis pada tulang dapat disebabkan oleh kelainan fungsi hormon atau vitamin. Gangguan atau kelainan yang termasuk dalam gangguan fisiologis adalah Rakitis, Mikrosefalus dan Osteoporosis.
3. Gangguan tulang belakang
Gangguan tulang belakang terjadi karena adanya perubahan posisi tulang belakang (spina) sehingga menyebabkan perubahan kelengkungan batang tulang belakang. Kelainan atau gangguan tulang belakang, antara lain:
  • Skoliosis, tulang punggung bengkok ke kiri atau ke kanan.
  • Lordosis, tulang punggung terlalu bengkok ke depan.
  • Kifosis, tulang punggung terlalu bengkok ke belakang.
4. Gangguan persendian
Gangguan persendian terjadi karena sendi tidak berfungsi dengan normal. Jenis gangguan sendi dikelompokkan menjadi 4 yaitu:
  • Dislokasi, merupakan gangguan yang terjadi karena pergeseran tulang penyusun sendi dari posisi awal karena jaringan ligamen yang sobek atau tertarik.
  • Terkilir, merupakan gangguan karena tertariknya ligamen sendi oleh gerakan tiba-tiba atau gerakan yang tidak biasa dilakukan. Terkilir menyebabkan timbulnya rasa sakit disertai peradangan pada daerah persendian.
  • Ankilosis, merupakan gangguan yang terjadi karena tidak berfungsinya persendian.
  • Artritis, merupakan gangguan yang disebabkan adanya peradangan sendi. Artritis dibedakan menjadi 3 yaitu, Penyakit Rematoid, Osteoartritis,dan Gangguan Gautartritis.
Sumber pustaka : Biologi 2: untuk SMA/MA Kelas X /penulis, Renni Diastuti : editor, Paidi . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:
  1. Pengertian Presbiopi dan Astigmatisma
  2. Pengertian Miopi dan Hipermetropi
  3. Jenis-Jenis Obat yang Sering Berhubungan Dalam Kehidupan Sehari Hari
  4. Jenis-Jenis Penyakit Menurut Penyebabnya

Materi Lainnya:

0 Response to "Gangguan dan Kelainan Pada Rangka"

Post a Comment