Jenis Industri Berdasarkan Proses Produksi



Jenis Industri Berdasarkan Proses Produksi [image by www.harianterbit.com],

Pada postintgan sebelumnya, kita telah membahas mengenai jenis industri berdasarkan bahan bakunya. Dalam industri tersebut terdapat tiga jenis yaitu industri ekstraktif dimana industri ini mengolah bahan baku yang masih mentah, belum diolah sebelumnya; industri nonekstraktif dimana industri ini mengolah lebih lanjut hasil industri lain atau mengolah bahan setengah jadi; dan industri fasilitatif yang merupakan indutri jasa.


Industri tersebut mempunyai hubungan dengan jenis industri yang akan kita bahas kali ini, industri kali ini merupakan jenis industri berdasarkan proses produksinya. Industri ini sangat penting bagi industri-industri lainnya sebab jenis industri ini menghasilkan barang setengah jadi dan barang jadi.

Berdasarkan proses produksinya, industri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Industri hulu dan Industri hilir. Berikut ini akan dijelaskan kedua jenis industri tersebut.
  • Industri hulu, yaitu industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi. Industri ini sifatnya hanya menyediakan bahan baku untuk kegiatan industri yang lain. Misalnya: industri kayu lapis, industri alumunium, industri pemintalan, dan industri baja. [1]
  • Industri hilir, yaitu industri yang mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga barang yang dihasilkan dapat langsung dipakai atau dinikmati oleh konsumen. Misalnya: industri pesawat terbang, industri konveksi, industri otomotif, dan industri meubeler. [1]

Itulah penjelasan dari kedua jenis industri berdasarkan proses produksinya, dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa industri hulu merupakan industri yang mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi. Sedangkan industri hilir merupakan industri yang mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi.

Sumber : [1] Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Industri Berdasarkan Proses Produksi"

Post a Comment