Jenis Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan



Jenis Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan [image by innikorea.com],

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang jenis industri berdasarkan produksi yang dihasilkan, terdapat tiga industri yang termasuk kedalam jenis ini. Ketiga jenis industri tersebut adalah industri primer, insudtri sekunder, dan industri tersier.


Produk yang dihasilkan oleh industri premier yaitu barang atau benda yang tidak perlu pengolahan lebih lanjut, sedangkan industri sekunder menghasilkan barang dan benda yang membutuhkan pengolahan lebih lanjut, dan industri tersier menghasilkan jasa layanan yang dapat mempermudah atau membantu masyarakat.

Berbeda dengan jenis industri berdasarkan produksi yang dihasilkan, jenis industri berdasarkan barang yang dihasilkan merupakan jenis industri yang memproduksi sebuah barang yang langsung digunakan. Berdasarkan barang yang dihasilkan, industri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Industri berat dan Industri ringan.

Berikut ini penjelasannya.
  1. Industri berat, yaitu industri yang menghasilkan mesin-mesin atau alat produksi lainnya. Misalnya: industri alat-alat berat, industri mesin, dan industri percetakan. [1]
  2. Industri ringan, yaitu industri yang menghasilkan barang siap pakai untuk dikonsumsi. Misalnya: industri obat-obatan, industri makanan, dan industri minuman. [1]

Itulah penjelasan dua jenis industri berdasarkan barang yang dihasilkan, disini dapat kita ketahui bahwa industri berat menghasilkan barang-barang yang berupa mesin atau alat produksi lain, sedangkan industri ringan menghasilkan barang siap pakai untuk dikonsumsi.

Sumber pustaka : [1] Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan"

Post a Comment