Pengertian Landas Benua, Lereng Benua, Dataran Abisal, dan Dasar Laut Paling Dalam | simpleNEWS05



Pengertian Landas Benua, Lereng Benua, Dataran Abisal, dan Dasar Laut Paling Dalam [Image by anoxa.heck.in],

Selain relief daratan permukaan bumi juga mempunyai relief dasar lautan, relief lautan hampir sama dengan relief daratan. Dilautan juga terdapat gunung, daratan, lereng, bahkan terdapat jurang yang dinamakan palung laut.


Bentuk dari relief dasar lautan diantaranya landas atau paparan benua (continental shelf), lereng benua atau kaki benua atau tepi benua (continental slope), dataran laut dalam atau dataran abisal (deep sea plain or abbysal plain), dan dasar laut sangat dalam (the deeps).

Landas/Paparan benua (continental shelf) yaitu dasar laut yang paling tepi dengan bentuk reliefnya menurun landai dari daratan benua menuju ke dalam laut, memiliki sudut kemiringan 10, dan kedalaman antara 0 m – 200 m. Contohnya Laut Jawa.

Lereng benua/Kaki benua/Tepi benua (continental slope) yaitu bagian relief dasar laut yang menurun tajam dan curam, kelanjutan dari landas benua atau sering disebut kaki benua, memiliki sudut kemiringan kurang dari 500 menuju ke dalam laut, dan kedalaman antara 200 m – 1.500 m. Contohnya Laut Cina Selatan.

Dataran laut dalam/Dataran abisal (deep sea plain/abbysal plain) merupakan wilayah relief dasar laut yang terletak pada kedalaman lebih dari 1.500 m. Wilayah ini meliputi hampir dua pertiga relief dasar laut. Bentuk-bentuk relief dataran abisal bervariasi seperti punggung laut, dataran tinggi laut, gunung laut dengan puncak vulkaniknya menyembul ke atas permukaan laut sebagai pulau. Contohnya Punggung Atlantik Tengah.

Dasar laut sangat dalam (the deeps) yaitu bentuk relief dasar yang dicirikan dengan adanya palung laut dan lubuk laut. Palung laut merupakan dasar laut yang sangat dalam di atas 5.000 m, curam, sempit, dan memanjang berbentuk huruf V. Contohnya Palung Banda (7.440 m). Sedangkan lubuk laut merupakan dasar laut yang sangat dalam, luas membentuk suatu cekungan seperti huruf U. Contohnya Cekungan Sulawesi.

Itulah penjelasan singkat mengenai relief dasar laut yang berupa andas atau paparan benua (continental shelf), lereng benua atau kaki benua atau tepi benua (continental slope), dataran laut dalam atau dataran abisal (deep sea plain or abbysal plain), dan dasar laut sangat dalam (the deeps). Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita mengenai bentuk yang ada pada dasar laut.





Sumber pustaka : IPS Untuk SMP dan MTS kelas VII/ Budi Sanjaya, Farida Sarimaya, Iyus Andi Nugraha, Nanang Sukandar, Nian Tresnawati, Yeti Royeti ; editor, Dimas Handi Hijrah Saputra.—Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Landas Benua, Lereng Benua, Dataran Abisal, dan Dasar Laut Paling Dalam | simpleNEWS05"

Post a Comment