Klasifikasi Perkiraan Dalam Buku Besar Akuntansi



Klasifikasi Perkiraan Dalam Buku Besar Akuntansi

Buku besar adalah buku yang memuat berbagai perkiraan (rekening) yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan yang terklasifikasi mulai dari perkiraan harta, utang, modal, pendapatan dan beban. Sedangkan Perkiraan adalah suatu format tempat mencatat masing-masing masalah secara terpisah seperti kas, piutang, utang, modal, pendapatan dan beban sewa.


Dalam melakukan klasifikasi perkiraan pada buku besar di dasarkan atas kepentingan dalam penyajian laporan keuangan berupa neraca. Untuk mempermudah dalam penyusunan neraca, maka data-data yang ada pada buku besar tersebut harus diklasifikasikan sesuai dengan susunan data-data/perkiraan yang disajikan dalam laporan neraca.

Adapun susunan data-data/perkiraan yang disajikan dalam laporan neraca yaitu dimulai dari harta, utang dan modal serta perkiraan-perkiraan yang mempengaruhi modal seperti pendapatan dan beban. Untuk perkiraan pendapatan dan beban, datanya dalam laporan keuangan berupa Laba Rugi.

Demikian juga susunan perkiraan yang termasuk dalam kelompok harta, utang dan modal serta pendapatan dan beban masing-masing diklasifikasikan sesuai dengan keadaan kepentingan dalam kelompoknya masing-masing.

  • Harta/Kekayaan
  • Harta merupakan hak yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan untuk membiayai pelaksanaan usaha perusahaan. Jenis-jenis harta perusahaan yang dimaksud adalah Kas, Piutang, Perlengkapan, Peralatan, Kendaraan, Gedung, dan Tanah.
  • Kewajiban
  • Yang termasuk dalam kelompok kewajiban adalah Utang Usaha, Utang Gaji, dan Utang Bunga.
  • Modal Pemilik
  • Modal pemilik adalah wujud pengakuan besarnya hak milik atas harta atau kekayaan perusahaan bagi pemiliknya. Perkiraan-perkiraan yang termasuk dalam kelompok modal pemilik adalah Modal dan Prive.
  • Penghasilan
  • Yang dimaksud dengan penghasilan adalah seluruh penerimaan baik dari usaha pokok perusahaan maupun dari luar usaha pokok perusahaan, baik penerimaan secara tunai maupun secara kredit (masih berupa tagihan terhadap pihak penerima jasa). Terdapat beberapa jenis perkiraan penghasilan, yaitu Pendapatan, Pendapatan Komisi Penjualan, dan Pendapatan Lain-Lain.
  • Beban Usaha
  • Beban usaha adalah suatu pengeluaran harta yang dikorbankan untuk menjalankan usaha perusahaan dalam mencapai tujuannya yaitu memperoleh keuntungan (pendapatan) dari usahanya. Adapun jenis-jenis beban yang termasuk dalam kelompok beban usaha, yaitu Beban Gaji Pegawai, Beban Iklan, Beban Air, Beban Listrik, Beban Telepon, Beban Perlengkapan, Beban Transport, dan Beban Rupa-Rupa.

Materi Lainnya:

0 Response to "Klasifikasi Perkiraan Dalam Buku Besar Akuntansi"

Post a Comment