Macam Macam Jurnal Dalam Akuntansi



Macam-Macam Jurnal Dalam Pembukuan atau Akuntansi

Pengertian Jurnal dalam pembukuan atau Akuntansi merupakan suatu proses atau kegiatan pencatatan atas suatu kejadian (transaksi) keuangan serta penilaian tentang harta, utang dan modal berikut perubahannya ke dalam suatu format jurnal. Dalam pembukuan atau akuntansi dikenal beberapa macam jurnal yang digunakan sesuai dengan waktu dan kebutuhannya, yaitu sebagai berikut.


1. Jurnal Umum

Jurnal umum adalah jurnal atau pencatatan yang dipakai bersama-sama dengan jurnal khusus. Dengan demikian, fungsi jurnal umum disini tidak lagi mencatat semua transaksi secara kronologis, tetapi hanya mencatat transaksi-transaksi yang tidak dapat dicatat pada jurnal khusus.

2. Jurnal Penyesuaian

Jurnal Penyesuaian adalah jurnal atau pencatatan yang dilakukan pada setiap akhir periode pembukuan atau pada setiap akan dibuatnya laporan keuangan, biasa diadakan penilaian kembali terhadap harta, utang dan modal. Bila ternyata jumlah saldo dalam pembukuan tidak sesuai dengan jumlah saldo yang sebenarnya (secara pisik), harus dilakukan penyesuaian.

3. Jurnal Penutup

Jurnal Penutup adalah jurnal atau pencatatan yang dilakukan untuk menutup perkiraan-perkiraan nominal, setelah selesai membuat laporan keuangan. Yang dimaksud degan menutup perkiraan-perkiraan nominal diatas, yaitu menolkan saldo-saldo perkiraan nominal karena datanya telah dilaporkan dalam laporan keuangan periode berjalan atau periode pada saat pembuatan laporan keuangan.

Hal ini dilakukan untuk memisahkan data-data keuangan hasil usaha periode berjalan dengan periode berikutnya, sehingga bisa membedakan yang mana hasil usaha periode berjalan dan yang mana hasil usaha periode berikutnya.

4. Jurnal Pembalik

Jurnal Pembalik adalah jurnal atau pencatatan yang dilakukan pada awal periode pembukuan sebelum dimulai pembukuan periode berikutnya. Jurnal pembalik ini tidak setiap awal periode harus dilakukan, sebab jurnal ini dibuat untuk mengembalikan jenis perkiraan neraca yang timbul akibat adanya penyesuaian pengakuan atas beban dan pendapatan.

5. Jurnal Koreksi

Jurnal Koreksi adalah jurnal atau pencatatan yang dibuat sewaktu-waktu selama dalam periode pembukuan yang berjalan, kalau terdapat kekeliruan dalam pencatatan atau pembukuannya.

Sumber pustaka: Keterampilan Jasa Pembukuan 2 untuk SLTP Kelas 2 Caturwulan I, II, dan III.1995.Bandung: Ganeca Exact Bandung.

Materi Lainnya:

0 Response to "Macam Macam Jurnal Dalam Akuntansi"

Post a Comment