Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara



penjelasan aspek trigatra dalam wawasan nusantara

Wawasan nusantara menurut Menurut Prof. Wan Usman ialah, “Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.” Maka dari itu wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berfikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Wawasan nusantara telah menjadi visi dari bangsa Indonesia, sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia, wawasan nusantara merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Disamping itu terdapat pula suatu konsep dalam wawasan nusuantara yang biasa disebut dengan Astagatra.

Konsepsi wawasan nusantara merupakan suatu konsep di dalam cara pandang dan pengaturan yang mencakup segenap kehidupan bangsa yang dinamakan astagatra, yang meliputi aspek alamiah (trigatra) dan aspek sosial (pancagatra).

Nah, pada penjelasan kali ini kita akan membahas tentang Aspek Trigartra, dimana aspek Trigatra ini meliputi posisi dan lokasi geografis negara, keadaan dan kekayaan alam, dan keadaan dan kemampuan penduduk. Berikut ini akan dijelaskan aspek trigatra dalam wawasan nusantara.

  • Letak dan Bentuk Geografis

Bangsa Indonesia dikaruniai kekayaan serta keindahan alam yang sangat indah dan pada zaman dahulu menjadi incaran dari bangsa-bangsa lain untuk memilikinya. Selain itu letak geografis Indonesia yang strategis menambah keinginan bangsa lain untuk menjajah negeri kita.

Indonesia berbentuk deretan kepulauan dimana dalam bahasa asing biasa disebut sebagai suatu archipelago kelvar, kepulauan itu merupakan suatu archipelago yang terletak antara Benua Asia di sebelah utara dan Benua Australia di sebelah selatan serta Samudra Indonesia di sebelah barat dan Samudra Pasifik di sebelah timur.

  • Keadaan dan Kemampuan Penduduk

Penduduk adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Dalam suatu negara, penduduk merupakan salah satu unsur yang paling penting dalam pembentukan suatu negara, selain wilayah dan lainnya. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketahanan sebagai pendukung dari wawasan nusantara, yaitu faktor jumlah penduduk, faktor komposisi penduduk, dan faktor distribusi penduduk.

  • Keadaan dan kekayaan alam

Selain letak dan bentuk geografis, Bangsa Indonesia juga diberikan karunia berupa kekayaan alam yang sangat banyak berlimpah. Kekayaan sumber-sumber alam terdapat di atmosfir, di permukaan bumi, di laut, di perairan, dan di dalam bumi.

Sumber-sumber alam sesungguhnya mempunyai arti yang sangat luas di mana Indonesia terkenal sebagai negara yang mempunyai sumber-sumber alam yang berlimpah ruah. Sifat unik kekayaan alam yaitu jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya tidak merata. Sehingga menimbulkan ketergantungan dari dan oleh negara dan bangsa lain.

Bentuk sumber daya alam ada 2 (dua) , yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam harus diolah atau dimanfaatkan dengan berprinsip atau asas maksimal, lestari, dan berdaya saing.

  1. Asas maksimal, Artinya sumber daya alam yang dikelola atau dimanfaatkan harus benar-benar menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.
  2. Asas lestari, Artinya pengolahan sumber daya alam tidak boleh menimbulkan kerusakan lingkungan, menjaga keseimbangan alam.
  3. Asas berdaya saing, Artinya bahwa hasil-hasil sumber daya alam harus bisa bersaing dengan sumber daya alam negara lain.

Nah, itulah sedikit penjelasan aspek trigatra dalam wawasan nusantara, semoga penjelasan singkat ini dapat membantu teman-teman semua dalam memahami aspek trigatra dalam wawasan nusantara.

Sumber pustaka: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.


Materi Lainnya:

0 Response to "Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara"

Post a Comment