Bunyi Hukum Gossen 1 dan 2 Tentang Konsumsi



Bunyi hukum gossen 1 dan hukum gossen 2

Gejala tambahan kepuasan yang tidak proporsional ini pertam kali dikemukakan oleh seorang ahli ekonomi Jerman bernama Herman Heinrich Gassen (1810 - 1859), yang dikenal dengan sebagai Law of Diminishing Marginal Utility (Hukum Tambahan Kepuasan yang Terus Menurun), atau Hukum Gossen 1. Hukum Gossen 1 berbunyi sebagai berikut.

"Jika jumlah suatu barang yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu terus bertambah, maka kepuasan total yang diperoleh juga bertambah. Akan tetapi kepuasan marjinal (tambahan kepuasan yang diperoleh jika konsumsi ditambah dengan satu unit) akan semakin berkurang. Bahkan bila konsumsi terus dilakukan, pada akhirnya tambahan kepuasan yang diperoleh akan menjadi negatif dan kepuasan total menjadi berkurang."

Konsumen membutuhkan beraneka macam barang. Masalahnya adalah berapa yang akan dibeli dari berbagai macam-macambarang agar kebutuhannya terpenuhi dengan sebaik-baiknya dan tercapai kepuasan maksimal. Hal ini dirumuskan oleh Hukum Gossen 2, yang bunyinya sebagai berikut.

"Seorang konsumen akan membagi-bagi pengeluaran uangnya untuk membeli berbagai macam barang sedemikian rupa hingga kebutuhan-kebutuhannya terpenuhi secara seimbang. Artinya sedemikian rupa hinggarupiah terakhir yang dibelanjakan untuk membeli sesuatu memberikan epuasan marjinal yang sama. Apakah pengeluaran untuk membeli barang yang satu atau untuk membeli barang yang lain."

Nah itulah bunyi dari hukum gossen 1 dan bunyi hukum gossen 2, semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan teman-teman semua.


Materi Lainnya:

1 Response to "Bunyi Hukum Gossen 1 dan 2 Tentang Konsumsi"