Manfaat Dari Adanya Koperasi Sekolah



Manfaat Dari Adanya Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya murid-murid Sekolah Dasar, Pendidikan Menengah (SMP dan SMA), dan sekolah/pendidikan yang setingkat dengan itu, baik negeri atau swasta. Pendirian koperasi sekolah sangat bermanfaat bukan saja bagi siswa, tetapi juga bagi sekolah, serta masyarakat sekitar.


Manfaat koperasi sekolah bagi Siswa

Dengan adanya koperasi sekolah, berbagai manfaat dapat dipetik siswa, antara lain:
  1. Siswa dapat belajar berorganisasi, belajar memimpin, dan bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu;
  2. Mengembangkan sikap disiplin dan jujur di kalangan siswa, baik sebagai pengurus maupun sebagai anggota;
  3. Menumbuhkan kreativitas, jiwa inovatif, pekerja keras, dan cerdas menangkap peluang untuk maju.
  4. Menumbuhkembangkan mental usaha sejati;
  5. Melatih siswa untuk menabung dengan cara menyimpan simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela;
  6. Peluang bagi siswa untuk memiliki kompetensi tentang koperasi, baik pemahaman konsep-konsepnya maupun praktiknya untuk bekal hidup di masa depan.
  7. Mempermudah siswa dalam memperoleh buku, alat-alat tulis, serta kebutuhan-kebutuhan lainnya selama di lingkungan sekolah; dan
  8. Jika koperasi dikelola dengan baik oleh pengurus yang jujur dan dibantu oleh anggota yang disiplin, maka koperasi akan maju dan kesejahteraannya akan dinikmati oleh para siswa secara keseluruhan (melalui perolehan SHU setiap akhir tahun).

Manfaat koperasi sekolah bagi sekolah

Terdapat beberapa manfaat yang didapat dari adanya Koperasi Sekolah, antara lain yaitu:
  1. Sebagian laboratorium untuk menciptakan lulusan yang memiliki keterampilan hidup (life skill) dan mampu menjawab tantangan masa depan sesuai dengan tujuan kurikulum;
  2. Dapat membantu program pemerintah membangun perekonomian melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera yang dirintis dari usaha kecil, seperti koperasi sekolah.

Manfaat koperasi sekolah bagi masyarakat

Sementara itu, manfaat koperasi sekolah bagi masyarakat yaitu Manfaat lapangan kerja bagi berbagai pihak, seperti orang yang ikut menjual makanan dan minuman, pekerja fotokopi, penunggu wartel, pembuat kerajinan, dan kepada pihak lain yang bekerja di tiap jenis usaha yang dikelola koperasi.

Daftar pustaka : Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA / penulis,Chumidatus Sa’dyah, Dadang Argo P ; editor, Nukman Hana, Asti Yulia ; illustrator, Toto Rianto, Rochman Suryana. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

2 Responses to "Manfaat Dari Adanya Koperasi Sekolah"

  1. Koperasi Siswa artikel tentang koperasi yang sangat informatif. Ternyata banyak sekali manfaat adanya koperasi di sekolah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, memang banyak manfaatnya,, terima kasih atas kunjungannya..

      Delete