Pengertian Demokrasi Langsung dan Demokrasi Tidak Langsung



Pengertian Demokrasi Langsung dan Demokrasi Tidak Langsung

Menurut Carol C. Gould, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang didalamya rakyat memerintah sendiri, baik melalui partisipasi langsung dalam merumuskan keputusan-keputusan yang mempengaruhi mereka maupun cara memilih wakil-wakil mereka.


Demokrasi memiliki beberapa macam bentuk. Ditinjau dari penyaluran khendak rakyat, demokrasi dibedakan menjadi dua, yaitu demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung. Berikut ini penjelasan dari kedua bentuk demokrasi tersebut.

Demokrasi langsung (Direct Democracy) adalah demokrasi yang terjadi bilamana untuk mewujudkan kedaulatan ditangan rakyat pada suatu negara. Pelaksanaan pemilu merupakan bentuk pemerintahan demokratis. Setiap warga negara dari negara tersebut boleh menyampaikan langsung tentang hal atau persoalan dan pendapatnya kepada pihak yang berwenang.

Demokrasi tidak langsung (Indirect Democracy atau Representative Democracy) adalah demokrasi perwakilan yang terjadi bilamana untuk mewujudkan kedaulatan di tangan rakyat pada suatu negara, diperlukan adanya semacam lembaga perwakilan atau parlemen. Hal ini dikarenakan masyarakat terlalu banyak di suatu negara itu dan tidak mungkin seluruhnya duduk dilembaga itu.

Sumber pustaka : Penulisan Kewarganegaraan 2 : Untuk SMP/MTs Kelas VIII / penulis, MS. Faridy. - Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Demokrasi Langsung dan Demokrasi Tidak Langsung"

Post a Comment