Pengertian Dari Kebutuhan Primer dan Contohnya



Pengertian Dari Kebutuhan Primer dan Contohnya

Setiap manusia mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi, pada umumnya kebutuhan atau needs merupakan sesuatu yang mutlak harus dipenuhi, jika tidak maka akan menggangu kualitas hidup kita atau bahkan bisa mengancam hidup kita. Contoh yang paling mudah adalah tempat tinggal, makanan dan pakaian. Ketiganya merupakan hal yang tidak dapat ditunda pemenuhannya.


Pada umumnya, kebutuhan manusia terbagi atas beberapa macam salah satunya ialah kebutuhan yang menurut intensitas kemanfaatannya. Bisa dibilang kebutuhan yang termasuk ke dalam kebutuhan menurut intensitas kemanfaatannya merupakan kebutuhan dasar dari manusia, dan salah satu kebutuhan yang termasuk kedalam ini ialah kebutuhan primer.

Apa itu kebutuhan primer? Menurut etimologi, kata primer berasal dari bahasa Latin primus yang berarti pertama. Jadi kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar manusia dapat hidup layak. Yang termasuk kebutuhan primer antara lain makanan (termasuk minuman), rumah, pakaian, pendidikan dan kesehatan.

Kebutuhan primer ini merupakan kebutuhan paling utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia secara wajar atau layak. Menurut ILO (International Labour Organization) bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat, baik masyarakat kaya maupun miskin.

Kebutuhan primer biasa juga disebut dengan kebutuhan alamiah. Kebutuhan primer merupakan tuntutan secara alamiah yang harus dipenuhi. Manusia harus memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti makanan, pakaian, dan perumahan (sandang, pangan, dan papan) untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.





Sumber pustaka:
  • Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Widjayanto, Aristanti Widyaningsih, Heraeni Tanuatmodjo ; editor, Hufron Sofiyanto, Edi Sumadi Sadikin. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Dari Kebutuhan Primer dan Contohnya"

Post a Comment