Pengertian Dari Kebutuhan Tersier dan Contohnya



Pengertian Dari Kebutuhan Tersier dan Contohnya

Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas tentang kebutuhan primer dimana kebutuhan ini merupakan kebutuhan paling mendasar dari manusia, contohnya makanan (termasuk minuman), rumah, pakaian, pendidikan dan kesehatan. Nah pada postingan kali ini kita akan membahas jenis kebutuhan lainnya yaitu kebutuhan tersier.


Kebutuhan tersier ini termasuk kedalam kebutuhan menurut intensitas kemanfaatannya, dalam kebutuhan ini terdapat tiga jenis kebutuhan dan salah satunya ialah kebutuhan tersier. Kebutuhan merupakan sesuatu yang mutlak harus dipenuhi, jika tidak maka akan menggangu kualitas hidup kita atau bahkan bisa mengancam hidup kita.

Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi uialah kebutuhan tersier, apa itu kebutuhan tersier? dan apa contohnya? berikut ini akan dijelaskan.

Kata tersier berasal dari kata tertius yang artinya ketiga. Menurut urutannya kebutuhan ini muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan ini dapat disebut kebutuhan kemewahan, misalnya mobil Jaguar, berlian, dan berwisata ke Hawai.

Pemenuhan kebutuhan tersebut lebih bersifat untuk menjaga prestise seseorang di tengah masyarakat. Hal yang perlu dipahami adalah batas antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier untuk tiap orang tidaklah sama.

Tergantung kedudukan dan strata ekonomi orang tersebut dalam masyarakat. Bagi wanita di pedesaan, berlian masih merupakan kebutuhan tersier atau kemewahan, namun bagi para artis berlian adalah kebutuhan primer untuk menunjang penampilannya.

Contoh kebutuhan tersier adalah perhiasan berlian, rumah mewah, mobil mewah, dan lain-lain. Apabila seseorang dapat memenuhi kebutuhan tersiernya,  maka dapat meningkatkan status sosial (prestise)nya di masyarakat.

Itulah penjelalsan singkat mengenai Pengertian Dari Kebutuhan Tersier dan Contohnya, semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan teman-teman mengenai jenis kebutuhan tersier dan semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan teman-teman mengenai dunia ekonomi.





Sumber pustaka:
  • Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Dari Kebutuhan Tersier dan Contohnya"

Post a Comment