Pengertian dan Fungsi Pasar Valuta Asing | simpleNEWS05



Pengertian dan Fungsi Pasar Valuta Asing
Pengertian dan Fungsi Pasar Valuta Asing ~ Pasar valuta asing adalah tempat membeli atau enukar mata uang asing untuk keperluan internasional. Dalam perdagangan internasional diperlukan valuta asing. valuta asing atau mata uang asing adalah jenis mata uang yang digunakan di negara lain.

Misalnya Indonesia menggunakan mata uang rupiah, Malaysia menggunakan mata uang Ringgit, Singapura menggunakan Dollar Singapura, dan Amerika Seritak menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat. Karena adanya perbedaan mata uang tersebut, maka dikenallah apa yang disebut dengan kurs (nilai tukar).

Dengan kurs nilai tukar tersebut, seseorang dapat menghitung berapa nilai suatu barang jika dinyatakan dalam mata uang negara lainnya. Para eksportir memperoleh valuta asing dari hasil penjualan barang ke luar negeri.

Sedangkan para importir memerlukan valuta asing untuk mengimpor barang dari luar negeri. Valuta asing dapat diperoleh di pasar valuta asing. Berikut ini merupakan fungsi pasar valuta asing, yaitu :
  1. Mempermudah penukaran valuta asing serta pemindahan dana dari suatu negara ke negara lain. Proses penukaran atau pemindahan dana ini dapat dilakukan dengan sistem Clearing yang dilakukan oleh bank serta para pedagang.
  2. Memperlancar terjadinya kegiatan ekspor dan impor (Perdagangan internasional).
  3. Memungkinkan dilakukan hedging. Hedging adalah tindakan tertentu untuk menghindari kerugian akibat kemungkinan terjadinya perubahan kurs valuta asing dima yang akan datang.
Ada beberapa peristilahan tentang kurs valuta asing yaitu sebagai berikut.
  1. Kurs beli menunjukkan harga beli valuta asing pada saat bank/money changer membeli valas (valuta asing) atau pada saat seseorang menukarkan valas dengan rupiah.
  2. Kurs jual menunjukkan harga jual valuta asing pada saat bank/money changer menjual valas atau pada saat seseorang menukarkan rupiah dengan valas.
  3. Kurs tengah merupakan kurs antara kurs jual dan kurs beli (hasil bagi dua dari penjumlahan kurs beli dan kurs jual).
Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Pasar Valuta Asing | simpleNEWS05"

Post a Comment