Defenisi atau Pengertian Jurnal Penerimaan Kas | simpleNEWS05



pengertian jurnal penerimaan kas

Jurnal penerimaan kas adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan uang tunai (termasuk cek, giro bilyet, wesel pos, traveler check).


Uang kertas dapat diterima dari berbagai sumber, misalnya setoran modal dari pemilik, penerimaan dari pencairan kredit bank, penerimaan penjualan barang dagang secara tunai, penerimaan penagihan piutang dagang, atau penerimaan penagihan wesel tagih berikut bunganya.

Dalam perusahaan dagang, penerimaan uang kas paling sering terjadi melalui penjualan tunai dan penagihan piutang dagang. Karena itu, perlu disediakan kolom khusus untuk penjualan (K) dan piutang dagang (K). sedangkan uang kas yang penerimaannya melalui sumber lain yang frekuensinya rendah, cukup ditampung dalam kolom sera serbi (K).

Penerimaan penagihan piutang dagang yang berasal dari penjualan barang secara kredit akan berhubungan dengan syarat pembayaran yang telah disepakati kedua belah pihak, berkaitan dengan pemberian potongan penjualan yang akan mengurangi jumlah penerimaan dari penagihan piutang dagang.

Karena itu, perlu disediakan kolom khusus untuk potongan penjualan (D). dan karena buku penerimaan kas direncanakan untuk mencatat semua penerimaan uang, bukuharian ini harus mempunyai kolom khusus untuk kas (D). Macam-macam jurnal lainnya :

  1. Jurnal Pembelian
  2. Jurnal Pengeluaran Kas
  3. Jurnal Penjualan

Materi Lainnya:

0 Response to "Defenisi atau Pengertian Jurnal Penerimaan Kas | simpleNEWS05"

Post a Comment