Defenisi atau Pengertian Jurnal Pengeluaran Kas | simpleNEWS05



pengertian jurnal pengeluaran kas

Kas merupakan aktifitas yang sangat penting, yang berputar ke segenap bagian perusahaan, sehingga kelangsungan perusahaan dapat terjamin. Dapat dikatakan bahwa semua kegiatan perusaan akan bermula dan berakhir pada kas.


Kas juga merupakan aktiva yang paling lancar dan paling mudah dimanipulasikan, karena itu, pengawasan intern terhadap kas dan cara pengelolaannya memerlukan perhatian yang cukup serius.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola kas didalam perusahaan antara lain pengendalian pengeluaran kas, termasuk didalamnya merencanakan pemanfaatan bila suatu saat terjadi kelebihan kas.

Transaksi-transaksi pengeluaran kas selama periode tertentu biasanya terdiri atas pengeluaran untuk keperluan-keperluan seperti berikut.

  1. Pembelian barang dagang
  2. Pembayaran biaya usaha
  3. Pembayaran pinjaman
  4. Pembelian aktiva tetap
  5. Pengambilan prive atau pembayaran deviden

Semua transaksi tersebut akan dicatat dalam sebuah buku harian khusus yang disebut jurnal pengeluaran kas. Jad, Jurnal pengeluaran kas adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semuatransaksi yang berkaitan dengan pengeluaran atau pembayaran uang tunai (termasuk cek, giro bilyet, wesel pos, traveler check).

Perencanaan bentuk dan banyaknya kolom yang harus disediakan pada jurnal pengeluaran kas, tergantung pada sifat dan frekuensi transaksi yang terjadi. Tentu saja kolom untuk kas (Cr) harus selalu ada. Macam-macam jurnal lainnya :

  • Jurnal Pembelian
  • Jurnal Penjualan
  • Jurnal penerimaan Kas

Materi Lainnya:

0 Response to "Defenisi atau Pengertian Jurnal Pengeluaran Kas | simpleNEWS05"

Post a Comment