Penjelasan Mengenai Teori Individualisme



Penjelasan Mengenai Teori Individualisme
Teori ini muncul di tengah-tengah peradaban reformasi Barat, kurang lebih pada abad XVII dan XVIII. Teori ini muncul sebagai anti klimaks dari penguasa monarki absolute. Mereka gandrung menyuarakan libete, egalite, dan fraternite.

Mereka juga mengembangkan pemikiran-pemikiran rasionalisme dan humanism sebagai buah dari Revolusi Perancis dan Revolusi Industri. Individualisme atau liberalism dalam arti luas dapat dikatakan sebagai usaha perjuangan menuju kebebasan.
Baca juga informasi lainnya yang berhubungan dengan Negara dibawah ini:
Dalam bidang ekonomi, liberalism baru muncul pada abad XIX dipelopori oleh Adam Smith. Ia kemudian dijuluki sebagai bapak kapitalisme. Dalam pandangan Individualisme, kepentingan individu harus ditempatkan pada tujuan hidup manusia untuk mencapai kebahagiaan dan kemakmuran hidup sebanyak-banyaknya.
Negara tidak boleh campu tangan dalam urusan pribadi, ekonomi, dan agama warganya. Tujuan pembentukan Negara hanya berfungsi sebagai “Penjaga Malam” (Nachtwakerstaat), yaitu sekadar menjaga keamanan dan ketertiban individu serta menjamin kebebsan seluas-luasnya dalam memperjuangkan kehidupannya. Teori ini banyak diterapkan di sebagian besar Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Teori Individualisme"

Post a Comment