Penjelasan Mengenai Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)



Penjelasan Mengenai Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) [Image by juniaminudin.blogspot.com],
Penjelasan Mengenai Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) ~ Dekopin adalah suatu gerakan koperasi Indonesia yang anggotanya terdiri atas anggota biasa, yaitu secara otomatis setiap koperasi yang sudah berbadan hukum, dan anggota luar biasa yang ebrasal dari badan-badan atau lembaga-lembaga bukan koeprasi dengan mengajukan permintaan keanggotaan.

Tujuan dari Dekopin yaitu :
  1. Memperjuangkan terciptanya cita-cita, tujuan, dan kepentingan bersama koperasi Indonesia, yaitu terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridai oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui tata ekonomi Indonesia yang berpijak pada demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Memperjuangkan koperasi Indonesia agar menjadi saka guru dalam tata ekonomi bangsa Indonesia.
Dewan koperasi Indonesia (Dekopin) untuk mencapai tujuan pada tingkat dunia sejak pertengahan tahun 1958 telah menjadi anggota Perserikatan Koperasi Internasional (International Cooperative Alliance disingkat ICA) semacam organisasi tingkat dunia yang berkedudukan di Swiss. Indonesia tercatat menjadi anggota nomor 77 atau negara yang ke 44.
Dala garis besarnya ICA bertujuan mengadakan kerja sama dan berusaha memajukan gerakan koperasi di seluruh dunia. Dengan melalui persaudaraan dan solidaritas koperasi, ICA berupaya mencapai perdamaian, baik lokal, nasional, maupun internasional, serta kesejahteraan di seluruh dunia.

Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)"

Post a Comment