Penjelasan Tentang Pembelian dan Penjualan Barang Dagangan



Penjelasan Tentang Pembelian dan Penjualan Barang Dagangan

Pembelian yang dilakukan perusahaan dagang tidak hanya berupa pembelian barang dagangan saja, tetapi juga pembelian aktiva lainnya, seperti pembelian perlengkapan, pembelian peralatan, dan sebagainya. Pembelian barang dagangan dicatat dalam akun “pembelian”, bila yang dibelinya bukan barang dagangan, misalnya pembelian perlengkapan maka dicatat dalam akun “perlengkapan”.


Pembelian dapat dilakukan baik secara tunai atau kredit. Pembelian barang dagangan secara tunai/kredit dicatat di sebelah debet pada akun “pembelian” dan dicatat di sebelah kredit pada akun “kas” (bila pembelian tunai) atau pada akun “utang dagang” (bila pembelian kredit).

Penjualan barang dagangan dapat dilakukan baik secara tunai atau kredit. Penjualan barang dagangan secara tunai/kredit dicatat di sebelah kredit pada akun “penjualan”, dan dicatat di sebelah debet pada akun “kas” (bila penjualan tunai) atau pada akun “piutang dagang” (bila penjualan kredit).

Sumber pustaka : Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA / penulis,Chumidatus Sa’dyah, Dadang Argo P ; editor, Nukman Hanafi , Asti Yulia ; illustrator, Toto Rianto, Rochman Suryana. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Tentang Pembelian dan Penjualan Barang Dagangan"

Post a Comment