Macam-Macam Modal Dalam Produksi



Apa yang terlintas dipikiran anda jika mendengar kata Modal? pasti kebanyakan orang akan mengatakan bahwa modal adalah uang. Akan tetapi modal tidak harus berupa uang, tetapi juga dapat berupa barang yang dihasilkan. Lalu, apa yang dimaksud dengan Modal?


Modal adalah alat atau barang yang dihasilkan dan dapat digunakan untuk menghasilkan barang selanjutnya. Fungsi modal dalam ekonomi untuk menghasilkan dan meningkatkan atau memperluas produksi. Semakin banyak modal yang digunakan dalam produksi, semakin banyak pula barang yang dapat dihasilkan.

Dalam produksi terdapat bermacam-macam modal, jika dilihat dari sifat, fungsi, resiko, dan bentuknya. Macam-macam modal adalah sebagai berikut.
1. Modal Dilihat dari Fungsinya
  • Modal perseorangan atau Modal privat, yaitu barang modal yang dimiliki perseorangan sebagai sumber penghasilan tanpa harus bekerja, misalnya saham, persewaan rumah, dan deposito bank.
  • Modal masyarakat atau Modal sosial, yaitu semua barang modal yang dapat pula digunakan orang banyak atau masyarakat, misalnya jalan, jembatan, dan jalan kereta api. Barang modal masyarakat disebut juga konstruksi.
2. Modal Dilihat Dari Sifatnya
  • Modal tetap, yaitu barang modal yang dapat digunakan lebih dari satu kali dalam produksi, misalnya tanah, gedung, dan mesin. Barang modal ini biasanya merupakan alat-alat produksi tahan lama.
  • Modal lancar, yaitu barang modal yang habis dipakai sekali saja dalam produksi, misalnya bahan-bahan bakar (bensin, solat)
  • Modal variabel, yaitu jumlah uang yang digunakan untuk membayar upah tenaga kerja.
3. Modal Dilihat dari Resikonya
  • Modal sendiri, yaitu modal perusahaan ditanggung secara penuh oleh perusahaan itu jika mengalami kerugian atau jatu pailit.
  • Modal pinjaman, yaitu modal yang resikonya lebih ringan jika perusahaan mengalami kerugian.
4. Modal Dilihat dari Bentuknya
  • Modal nyata, yaitu barang yang dapat digunakan dalam proses produksi yang terdiri atas modal barang dan modal uang.
  • Modal abstrak, yaitu modal yang tidak terlihat, tetapi hasilnya dapat dilihat, seperti kepandaian, pengetahuan, keahlian, nama baik, dan keunggulan dibanding perusahaan lain.

Materi Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Modal Dalam Produksi"

Post a Comment