Macam-Macam Modal Berdasarkan Wujud, Bentuk, dan Sumbernya



Macam-macam modal menurut wujud, bentuk, dan sumbernya
Macam-macam modal menurut wujud, bentuk, dan sumbernya

Dalam Ekonomi, Modal merupakan salah satu sumber daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan usaha selain dua sumber daya yang lainnya, yaitu sumber daya alam, dan sumber daya manusia. Sedangkan dalam proses produksi, modal termasuk salah satu faktor terpenting dalam produksi.


Tanpa adanya modal maka proses produksi tidak akan berjalan dan usaha yang dijalankan akan mengalami ketersendatan sehingga mengganggu usaha yang sedang berjalan. Tahukah anda bahwa modal dapat dibedakan menurut wujud, bentuk, dan sumbernya. Berikut ini macam-macam modal menurut wujud, bentuk, dan sumbernya, yaitu.

Modal Menurut Wujudnya

Menurut wujudnya modal dapat dibedakan menjadi dua yaitu modal uang dan modal barang.
  1. Modal uang adalah uang yang digunakan untuk proses produksi. Contoh: uang untuk membeli mesin atau bahan-bahan mentah.
  2. Modal barang adalah benda atau barang yang digunakan untuk modal produksi. Contoh: tanah, gedung, kantor, dan kendaraan.

Modal Menurut Bentuknya

Menurut bentuknya modal dapat dibedakan menjadi dua yaitu modal nyata, dan modal abstrak.
  1. Modal nyata merupakan modal yang dapat diukur, dilihat, atau ditimbang. Modal nyata terdiri atas modal barang dan uang. Contoh: persediaan barang-barang, mesin, dan uang kas.
  2. Modal abstrak adalah modal yang tidak terlihat, tetapi hasilnya dapat dilihat atau dirasakan. Contoh: keterampilan, kepandaian, keahlian, keunggulan, ketelitian, dan nama baik.

Modal Menurut Sumbernya

Menurut sumbernya modal dapat dibedakan menjadi dua yaitu modal sendiri, dan modal pinjaman.
  1. Modal sendiri merupakan modal yang dimiliki seseorang dan dapat memberikan keuntungan kepada pemiliknya. Jika mengalami kerugian atau pailit, maka risiko secara penuh ditanggung oleh pemilik modal atau pemilik perusahaan. Contoh: saham, modal patungan, dan modal milik perusahaan.
  2. Modal pinjaman adalah uang atau barang modal yang diperoleh dari pihak lain Contoh: modal perusahaan yang diperoleh dari pinjaman bank atau utang luar negeri.

Dari uraian singkat diatas, dapat kita ketahui bahwa modal dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu modal berdasarkan wujud, bentuk, dan sumbernya. Dari modal berdasarkan wujudnya terbagi menjadi dua yaitu modal uang dan modal barang, sedangkan berdasarkan bentuknya terbagi menjadi dua yaitu modal nyata dan modal abstrak, dan berdasarkan sumbernya juga terbagi menjadi dua yaitu modal sendiri dan modal pinjaman.

Sumber referensi: Ekonomi : Untuk Kelas X SMA/MA / penulis, Nurcahyaningtyas ; Editor, Karmila, Westriningsih ; Ilustrator Suhardi… [et al]. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Modal Berdasarkan Wujud, Bentuk, dan Sumbernya"

Post a Comment