Perbedaan Citra Foto dan Citra Non Foto



Pengindraan jauh [image by obengplus.com], 

Kegiatan pengindraan jauh memberikan produk atau hasil berupa keluaran atau citra. Citra adalah gambaran suatu objek yang tampak pada cermin melalui lensa kamera atau hasil pengindraan yang telah dicetak Citra dapat dibedakan menjadi dua, yaitu citra foto dan citra nonfoto.


Dalam postingan terdahulu kita telah membahas kedua citra tersebut, dimana Citra foto adalah gambaran suatu objek yang dibuat dari pesawat udara, dengan menggunakan kamera udara sebagai alat pemotret. Hasilnya dikenal dengan istilah foto udara.

Sedangkan Citra nonfoto adalah gambaran suatu objek yang diambil dari satelit dengan menggunakan sensor. Hasilnya dikenal dengan istilah foto satelit. Apa perbedaan dari kedua citra tersebut? Jika dilihat dari beberapa variabel dapat lah kita ketahui perbedaannya.

Variabel yang dapat dilihat diantaranya adalah Sensor, Detektor, Proses Perekaman, Mekanisme Perekaman, dan Spektrum Elektromagnetik.

1. Sensor
Citra foto : Kamera
Citra Non Foto : Nonkamera, berdasarkan penyiaman (scanning). Kamera yang detektornya bukan film
2. Detektor
Citra foto : Film
Citra Non Foto : Pita magnetik, termistor, foto konduktif, foto voltaik, dan sebagainya

3. Proses Perekaman
Citra foto : Fotografi/ kimiawi
Citra Non Foto : Elektronik
4. Mekanisme Perekaman
Citra foto : Serentak
Citra Non Foto : Parsial

5. Spektrum Elektromagnetik
Citra foto : Spektrum tampak
Citra Non Foto : Spektra tampak dan perluasannya, termal dan gelombang mikro

Sumber referensi: Geografi 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII / Oleh Daang Endarto; penyunting, Titik Haryanti; ilustrasi, Haryana Humardani, Cahyo Muryono. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendiikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Perbedaan Citra Foto dan Citra Non Foto"

Post a Comment