Alat Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungannya Dengan Benda Lain



Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungannya Dengan Benda Lain [image by infokuberita.com],

Setiap manusia mempunyai kebutuhannya yang berbeda antara satu dengan yang lain, kebutuhan tersebut dapat berupa barang atau jasa. Pada umumnya kita mengenal beberapa macam kebutuhan yang dikelompokkan menjadi empat golongan, yaitu Kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaannya, kebutuhan berdasarkan sifatnya, kebutuhan berdasarkan waktu pemenuhannya, dan kebutuhan berdasarkan subjeknya.


Untuk memenuhi segala macam kebutuhan tersebut, kita memerlukan benda/barang dan jasa pemuas kebutuhan. Terdapat beberapa kelompok benda atau barang pemuas kebutuhan, salah satunya ialah benda pemuas kebutuhan menurut hubungannya dengan benda lain. Berdasarkan kegunaan dalam hubungannya dengan barang lain, barang dan jasa pemuas kebutuhan dibedakan menjadi barang substitusi (menggantikan) dan barang komplementer (melengkapi).

Walaupun kedua benda tersebut merupakan benda pemuas kebutuhan, akan tetapi terdapat perbedaan antara keduanya, khususnya pada hal hubungannya dengan benda lain. Berikut ini penjelasan dari kedua benda tersebut.

1. Benda substitusi

Benda substitusi yaitu benda yang pemakaiannya dapat saling menggantikan atau barang yang memiliki kegunaan untuk menggantikan barang lain. Misalnya kereta api dapat menggantikan bus untuk alat transportasi darat, ketela dapat menggantikan beras sebagai bahan makanan, kopi dapat digantikan teh untuk minum, dan pena dapat digantikan pensil untuk menulis.

2. Benda komplemente

Benda komplementer yaitu barang yang memiliki kegunaan untuk melengkapi barang lain. Barang tersebut akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan manusia, jika digunakan secara bersama-sama. Misalnya motor tidak dapat berjalan tanpa bensin, balpoint tidak dapat digunakan untuk menulis jika tanpa tinta, teh dengan gula, CPU komputer dengan monitor, dan sepatu dengan kaos kaki.

Dari penjelasan tersebut dapat lah kita ketahui bahwa barang/benda subtitusi mmpunyai hubungan dengan benda lainnya dengan cara sebagai barang pengganti, sedangkan barangbenda komplementer mempunyai hubungan dengan benda lain sebagai barang/benda pelengkap.





Sumber:
  • Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Widjayanto, Aristanti Widyaningsih, Heraeni Tanuatmodjo ; editor, Hufron Sofiyanto, Edi Sumadi Sadikin. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Alat Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungannya Dengan Benda Lain"

Post a Comment