Jenis Permintaan Berdasarkan Daya Beli dan Jumlah Pemintanya



Macam-Macam Permintaan Berdasarkan Daya Beli dan Jumlah Pemintanya

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang rela dan mampu dibeli oleh konsumen/pelanggan pada berbagai kemungkinan harga selama periode tertentu dengan asumsi faktor-faktor lainnya dianggap tetap (ceteris paribus). Pada umumnya, tinggi atau rendahnya permintaan dipengaruhi oleh beberapa faktor.


Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ini diantaranya ialah harga barang, ketersediaan barang yang berkaitan (bisa barang substitusi dan barang komplementer), pendapatan konsumen, dan selera/ preferensi konsumen terhadap barang tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka pendapatan terbagi menjadi beberapa macam yang menyesuaikan dengan faktor diatas.

Pada umumnya permintaan terbagi menjadi dua macam yang dikelompokkan atas dua alasan, diantaranya macam-macam permintaan berdasarkan daya beli konsumen dan macam-macam permintaan berdasarkan banyaknya jumlah pemintanya. Berikut ini akan diuraikan apa saja jenis atau macam permintaan tersebut.

Permintaan dapat dibedakan atas daya beli konsumen, yaitu:
  • Permintaan Potensial (Potential Demand)
  • Permintaan potensial adalah permintaan yang hanya mendasarkan pada keinginan dan tanpa atau belum didukung oleh daya beli. Keinginan tanpa daya beli hanya mengarah pada kemauan, tetapi tidak pada permintaan.
  • Permintaan Efektif (Effective Demand)
  • Permintaan Efektif adalah permintaan yang disertai dengan kekuatan untuk membeli atau daya beli.
Permintaan juga dapat dibedakan dari jumlah pemintanya, yaitu:
  • Permintaan Individual/Pribadi
  • Permintaan individual adalah permintaan yang datang dari perseorangan atau individu. Permintaan ini dipengaruhi oleh nilai yang dikaitkan dengan perolehan dan penggunaan barang jasa yang bersangkutan serta kemampuan untuk memperolehnya.
  • Permintaan Pasar
  • Permintaan Pasar adalah penjumlahan secara horizontal (sematamata merupakan gabungan) dari permintaan-permintaan individual/ pribadi yang ada di pasar tersebut.

Itulah penjelasan mengenai macam-macam permintaan berdasarkan daya beli konsumen dan jumlah pemintanya, dari uraian tersebut kita dapat mengetahui bahwa terdapat empat macam permintaan. Semoga postingan ini dapat membantu teman-teman dalam memahami tentang permintaan.

Sumber pustaka : Sumber pustaka : Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Permintaan Berdasarkan Daya Beli dan Jumlah Pemintanya"

Post a Comment