Kelebihan dan Kekurangan Dari Sistem Ekonomi Campuran



Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah sistem eknomi yang pengaturan sumber-sumber dayanya dilakukan oleh dua pihak, yaiu pemerintah dan individu. Sistem ekonomi campuran ini merupakan gabungan antara sistem eonomi liberal dan sosialis.


Oleh karena itu sistem ini banyak dianut oleh Negara-negara di dunia. Meskipun demikian bukan berarti sistem ekonomi yang dijalankan di tiap negara tersebut sama antara negara yang satu dengan lainnya. Perbedaan terjadi karena tiap negara memiliki proporsi yang tidak sama dalam mengambil unsur baik dari sistem ekonomi terpusat maupun sistem ekonomi pasar.

Sama seperti sistem ekonomi yang lainnya, Sistem ekonomi campuran juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari sistem ekonomi campuran.

Kelebihan dari sistem ekonomi campuran, yaitu :
  1. Hak milik individu atas alat-alat produksi diakui, meskipun ada pembatasan.
  2. Kebebasan untuk berusaha tetap ada sehingga individu dapat mengembangkan inisiatif dan kreatifitasnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
  3. Kepentingan umum lebih diutamkan dari pada kepentingan perorangan.
Sedangkan kekuragan dari sistem ekonomi campuran, yaitu :
  1. Pemerintah langsung ikut serta dalam kegiatan ekonomi.
  2. Pemerintah melakukan kebijakan fiskal dan moneter.
  3. Pemerintah membuat peraturan-peraturan.

Simak pula video berikut ini yang akan menjelaskan secara lengkap mengenai sistem ekonomi campuran mulai dari pengertian, ciri, kelebihan dan kelemahan, serta negara-negara mana saja yang menganut sistem ekonomi campuran. Selamat menyaksikan.

Like, Share, dan Subscribe yah teman. :)



Materi Lainnya:

1 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Dari Sistem Ekonomi Campuran"