Dampak Positif dan Negatif Dari Globalisasi



Dampak positif dan negatif dari globalisasi, 

Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes) dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi, globalisasi mengacu pada liberalisasi perdagangan atau perdagangan bebas (free trade).


Ada juga yang mengartikan Globalisasi sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia. Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.

Apapun pengertiannya globalisasi pasti akan datang dan kita tidak bisa mencegah hal itu terjadi dan masuk ke tengah-tengah masyarakat, dalam hal ini kita hanya dapat mengambil positifnya dan membuang negatif dari globalisasi tersebut. Untuk itu berikut ini terdapat beberapa dampak positif dan negatif dari globalisasi pada beberapa bidang.

Dampak positif globalisasi

  • Bidang politik, yaitu meningkatkan penegakan hukum dan pendewasaan demokrasi, meningkatkan kedewasaan dan kemanusiaan partai politik, dan meningkatkan perlindungan HAM.
  • Bidang ekonomi, yaitu meningkatkan mutu produksi.
  • Bidang sosial budaya, yaitu meningkatkan kepribadian, sikap hidup, dan dampak berpikir sehingga tidak mudah terpengaruh budaya negatif. Hidup menjadi mudah dan murah; meningkatkan pendapatan masyarakat. Bidang iptek, yaitu dapat menyerap iptek yang akan mendukung dan memperlancar pembangunan, lebih mudah mendapatkan informasi, dan memiliki wawasan lebih luas dalam memahami dan menangani persoalan.
  • Bidang sikap mental, yaitu meningkatkan budaya disiplin dan etos kerja sehingga meningkatkan hasil produktivitas dan prestasi kerja.
  • Bidang hankam, yaitu meningkatkan kewaspadaan dan ketahanan nasional, persatuan dan kesatuan bangsa, kesetiaan pada Pancasila, dan pemahaman Wawasan Nusantara sehingga terhindar dari separatisme, konflik sosial, dan disintegrasi bangsa.

Dampak negatif globalisasi

  • Bidang politik
  • Meningkatkan euforia politik/kebiasaan/kebebasan politik yang berlebihan, yaitu kegiatan yang mengatasnamakan HAM dan demokrasi, tetapi memiliki target utama meraih kekuasaan lokal atau pusat.
  • Bidang ekonomi
    • Membentuk jaringan global yang merangkul seluruh dunia dan mengarahkannya pada proses kendali negara yang mempunyai kekuatan ekonomi raksasa yang menimbulkan ketergantungan negara-negara miskin.
    • Menimbulkan kesenjangan kepemilikan modal yang mendorong timbulnya kesenjangan sosial ekonomi masyarakat.
  • Bidang sosial budaya
    • Menimbulkan pola hidup gesellschaft (perkembangan), artinya hubungan dan kerja sama antarorang atas dasar mencari keuntungan dan kegotongroyongan.
    • Menimbulkan bahaya yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan (hal-hal yang harus dihindari), antara lain, sebagai berikut. Hedonisme, materialisme, sekularisme, individualisme, egoisme, ekstrimisme, klitisme, eksklusivisme, glamoristik, dan konsumtif.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif dari globalisasi pada beberapa bidang diantaranya bidang politik, bidang ekonomi, dan bidang sosial budaya, dengan mengetahui dampak-dampak apa saja yang akan timbul dari globalisasi kita dapat dengan bijak menghadapi era globalisasi yang telah datang ini.

Sumber pustaka: Pendidikan Kewarganegaraan 3 : Untuk SMP/MTs Kelas IX / Penulis, Sri Hastuti Lastyawati, Suprianto. editor, Muryani. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Dari Globalisasi"

Post a Comment