Pengertian Dari Kebutuhan Sekunder Beserta Contohnya



Pengertian Dari Kebutuhan Sekunder Beserta Contohnya

Pada postingan terdahulu kita telah membahas dua jenis kebutuhan menurut intensitas kegunaan atau kemanfaatannya yaitu kebutuhan primer dan kebuthan tersier. Nah pada postingan kali ini kita akan membahas jenis kebutuhan lainnya yaitu kebutuhan sekunder, kebutuhan sekunder ini merupakan kebutuhan yang kedua setelah kebutuhan primer dan sebelum kebutuhan tersier.


Apa itu kebutuhan sekunder? Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer dan kebutuhan ini baru terpenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini bukan berarti tidak penting, karena sebagai manusia yang berbudaya, yang hidup bermasyarakat sangat memerlukan berbagai hal lain yang lebih luas dan sempurna, baik mengenai mutu, jumlah, dan jenisnya. Itulah kenapa kebutuhan ini juga disebut dengan Kebutuhan Pelengkap (Kebutuhan Kultural).

Kata sekunder berasal dari Bahasa Latin secundus yang artinya kedua. Orang yang telah dapat memiliki rumah secara otomatis akan membutuhkan perabot untuk mengisi atau melengkapi rumahnya, jadi perabot rumah tangga bisa dikatakan sebagai kebutuhan sekunder. Setelah kebutuhan primer terpenuhi orang akan cenderung memenuhi kebutuhan sekundernya untuk meningkatkan kenyamanan hidupnya.

Pemenuhan kebutuhan ini sejalan dengan tingkat kebudayaan (culture) masyarakat tempat seseorang hidup atau bertempat tinggal. Misalnya, kebutuhan masyarakat di daerah Lembah Baliem Papua akan berbeda dengan masyarakat di Kota Surabaya. Contoh kebutuhan sekunder adalah radio, televisi, buku, alat tulis, kulkas, sepeda motor, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer.

Itulah informasi singkat megenai pengertian dari kebutuhan sekunder beserta contohnya, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai dunia ekonomi khususnya yang membahas tentang macam-macam kebutuhan manusia.





Sumber pustaka:
  • Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Widjayanto, Aristanti Widyaningsih, Heraeni Tanuatmodjo ; editor, Hufron Sofiyanto, Edi Sumadi Sadikin. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Dari Kebutuhan Sekunder Beserta Contohnya"

Post a Comment