Penjelasan Mengenai Bentuk Negara Uni



Penjelasan Mengenai Bentuk Negara Uni

Pengertian bentuk negara Uni adalah gabungan dua atau lebih negara merdeka dan berdaulat dengan satu kepala negara yang sama. Bentuk negara Uni dapat dibedakan mejadi dua macam, yaitu :

  • Pengertian negara Uni Personil (Personele Unie), yaitu dua negara yang kebetulan mempunyai raja yang sama sebagai kepala negara. Sementara itu, segala urusan dalam maupun luar negeri diurus masing-masing negara. Contoh negara uni personil, yaitu Benelux (Belgia, Nederland, dan Luxemburg) yang tergabung dalam Uni Personil tahun 1839 - 1890. dan ada pula Inggris dan Scotland (1603 - 1707).
  • Pengertian bentuk negara Uni Riil (Reel Unie), yaitu negara yang berdasarkan suatu traktat mengadakan ikatan yang dikepalai oleh seorang raja dan membentuk alat perlengkapan uni guna mengatur kepentingan bersama. Kepentingan bersama itu umumnya berupa persoalan-persoalan yang meyangkut politik luar negeri. Contoh bentuk negara uni riil, yaitu Uni Austria - Hongaria tahun 1867 - 1919, dan Swedia dan Norwegia tahun 1815 - 1905.
  • Pengertian bentuk negara Uni Zui Generalis, yaitu gabungan negara yang mempunyai alat kelengkapan bersama untuk mengurus kepentingan hubungan luar negeri, setelah ada kesepakatan lewat perjanjian. Contoh bentuk negara uni zui generalis, yaitu Uni Indonesia - Belanda tahun 1949 - 1956.
Bentuk negara Uni dalam perkembangannya menunjuk pada sifat-sifat khasnya sebagai negara yang berbentuk Fusi, Federal atau Konfederasi.
  • Pengertian bentuk negara Uni Fusi, Merupakan bentuk negara yang dibentuk untuk mewujudkan negara kesatuan melalui penggabungan dan peleburan secara total menjadi satu negara. Contoh bentuk negara uni fusi, yaitu Uni Afrika Selatan dan Uni Emirate Arab.
  • Pengertian bentuk negara Uni Federasi, Merupakan bentuk negara yang dibentuk atas beberapa negara dengan tidk menghilangkan bentuk aslinya dalam wujud negara serikat atau federasi. Contoh bentuk negara uni federasi, yaitu Uni India dan Uni Soviet Sosialis.
  • Pengertian bentuk negara Uni Konfederasi, Merupakan Bentuk negara yang dibentuk hanya sebagai persekutuan kerja-sama dalam masa perang saja, tetapi kemudian berkembang pada kerjasama yang lain. Contoh bentuk negara uni konfederasi, yaitu Republik Der Verenigde Nederland.

Materi Lainnya:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Bentuk Negara Uni"

Post a Comment